Tuesday, October 29, 2019

[FAKTA] Sehabis Makan Nasi Uduk Jadi Ngantuk + Cara Mengatasinya

[FAKTA] Sehabis Makan Nasi Uduk Jadi Ngantuk + Cara Mengatasinya - Makanan khas Indonesia ini menjadi primadona bagi sebagian orang di pagi hari. Makanan dengan berbagai macam lauk pauk ini memiliki rasa yang legit dan enak, terlebih lagi dengan harganya yang murah menjadikan makanan ini santapan yang pas untuk lidah orang Indonesia. Namun ada sebagian orang berpendapat, jika di pagi hari kita makan nasi uduk, selang beberapa jam kita pasti akan mengantuk. Benarkah demikian?
nasi uduk

Penyebab kantuk setelah santap nasi uduk

Makanan khas Indonesia atau lebih tepatnya daerah Betawi ini biasanya terbuat dari nasi dan santan. Seperti yang kita tahu, nasi memiliki kadar karbohidrat tinggi, sementara santan menganduk lemak yang tidak sedikit.

Untuk satu porsi nasi uduk biasanya membutuhkan 600 mililiter dan itu mengandung sekitar 150 gram lemak. Ingat, jumlah kalori ini hanya berupa dari santan saja, belum termasuk lauk pauk yang sobat pilih. Apalagi kalau sobat pakai berbagai macam lauk pauk, bisa dibayangkan atuh berapa kalori yang terkandung di dalamnya.

Dengan jumlah kalori semacam itu ketika sudah kita santap, nasi uduk tersebut akan dicerna oleh perut yang akan menjadikannya glukosa.
Glukosa: Gula sederhana yang menjadi sumber energi tubuh
Setelah itu, glukosa tersebut akan diedarkan ke aliran darah seluruh tubuh.

Kemudian setelah dicerna semacam itu, tubuh akan melepaskan glukagon, kolesistokinin dan hormon amilin yang menimbulkan rasa kenyang.

Semakin banyak lauk yang sobat pilih, secara otomatis kandungan kalori dan lemak yang masuk ke dalam tubuh juga pasti semakin banyak dong. Mari kita lihat salah satu penelitian universitas luar negri mengemukakan bahwasannya makan makanan yang mengandung lemak tinggi dan kalori memicu otak memproduksi lebih banyak serotonin.
Hormon Serotonin: sebagai respon sensasi kenyang.
Dengan banyaknya hormon serotonin maka banyak juga asam amino triptofan yang terproduksi. Asam amino triptofan lah yang kemudian memicu rasa kantuk setelah makan nasi uduk.

Dan seperti kebiasaan pada umumnya, setelah makan kita pasti lebih memilih untuk diam sesaat atau rebahan karena kekenyangan itu tadi. Dampaknya, glukosa sebagai energi malah terpakai sedikit dan malah tersimpan lebih banyak. Glukosa yang tersimpan ini akan menjadi lemak, dan lemak yang berlebihan ini akan membuat sobat menjadi lebih lemas dan mengantuk.

Cara mengatasi kantuk setelah makan nasi uduk

1. Makan nasi uduk setengah porsi
Mengingat kandungan kalori dan lemak yang cukup tinggi seperti yang dijelaskan diatas tadi, sebaiknya sobat coba makan nasi uduk setengah porsi saja untuk sarapan untuk menghindari rasa kantuk di siang harinya.

2. Tidur nyenyak di malam hari
Jika sobat kaum begadang, biasanya tubuh akan mencari asupaan kalori lebih untuk menggenjot energi. Itulah sebabnya kenapa biasanya orang yang begadang, sarapan di pagi harinya dengan porsi yang berlebihan. Maka dari itu, biasakan tidur teratur 7-8 jam setiap malam.

Nah itu saja artikel mengenai [FAKTA] Sehabis Makan Nasi Uduk Jadi Ngantuk + Cara Mengatasinya, semoga informasi singkat ini bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman sobat supaya mereka juga tahu informasi penting ini, terima kasih.