Wednesday, October 30, 2019

Fakta Mengenai Mandi Malam Bikin Paru-paru Basah

Fakta Mengenai Mandi Malam Bikin Paru-paru Basah - Ada sebagian orang menghindari mandi malam karena takut akan paru-paru basah. Benarkah demikian? Sebaiknya kita pahami dulu apa itu paru-paru basah.

Paru-paru basah atau dalam bahasa kedokteran lebih dikenal dengan efusi pleura adalah kondisi dimana pleura paru-paru berisi banyak cairan. Perlu diketahui, pleura itu adalah selaput tipis yang membungkus rongga dada kita, termasuk membungkus paru-paru. Sebenarnya selaput tipis ini memang sedikit basah/berair yang dimana bertujuan untuk bisa bergerak dengan mudah saat kita bernapas. Namun jika pleura ini berlebihan pasti akan ada sejumlah gejala.

Jadi, apakah mandi malam dapat meningkatkan kadar pleura? Faktanya, sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa mandi malam dapat menyebabkan paru-paru basah. Dan berikut ini beberapa gangguan kesehatan yang sebenarnya menyebabkan pleura kelebihan cairan diantaranya:

  • Komplikasi bedah jantung
  • Penyakit ginjal
  • Infeksi virus
  • Penyakit hati seperti sirosis
  • Gagal jantung kongestif
  • Kanker paru
  • dll
  • *tapi tidak dengan mandi malam
mandi malam

Mandi malam malah justru bermanfaat bagi tubuh

Dari penjelasan diatas kita sudah tahu mandi malam bukan penyebab paru-paru basah. Malah pendapat lain mengatakan mandi malam mengandung beberapa manfaat bagi tubuh.

Salah satunya adalah tidur jadi nyenyak. Setelah seharian beraktifitas, mandi malam dapat memberikan efek kesegeran bagi tubuh dan pikiran kita jadi lebih rileks. Setelah mandi pun biasanya kita menemui sensasi dingin. Sensasi dingin inilah yang membuat kita cepat tidur.


Mandi malam juga dapat meningkatkan sirkulasi darah untuk menjaga suhu tubuh tetap ideal.

Manfaat lain dari mandi malam adalah mencegah timbulnya jerawat. Dengan mandi malam, tentu debu-debu yang ada di wajah kita akan hilang dan kita tidak perlu khawatir jika jerawat akan muncul ke esokan paginya.

Demikianlah, sedikit informasi mengenai kabar simpang siur mandi malam menyebabkan paru-paru basah. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman sobat agar mereka juga tahu informasi penting ini, terima kasih.